-->
  • Jelajahi

    Copyright © ABNEWS.id | Berita Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Halaman Depan

    Menu Bawah

    Bisnis Air, Lahan Basah Saat Kemarau di Pulosari Pemalang

    AB NEWS
    Minggu, 27 September 2020, 17:22 WIB Last Updated 2020-09-27T10:24:16Z
    Bisnis Air, Lahan Basah Saat Kemarau di Pulosari Pemalang

    AB NEWS ■  Sudah menjadi kebiasaan dari zaman baheula, sebagian wilayah di kecamatan Belik dan hampir seluruh desa di kecamatan Pulosari, Kabupaten  Pemalang setiap kemarau mengalami kris air bersih.

    Mungkin, hanya desa karang sari yang "terhindar"  dari krisis air. Hal tersebut di sebabkan, tidak adanya sumber mata air  yang memadai di daerah ini, sehingga masalah kekeringan menjadi hal yang lumrah terjadi.

    Meskipun sudah banyak warga yang memiliki wadah penampung guyuran air dari langit (tadah hujan) ukuran jumbo, namun belum bisa mencukup banyaknya pemakaian warga selama ini.

    Selain itu, terjadinya peningkatan taraf hidup masyarakat di daerah ini juga makin pesat. Bahkan kini, aneka bisnis baru ikut tumbuh.

    Faktor lainnya, selain air sebagai kebutuhan primer pada rumah tangga, maraknya usaha peternakan ayam sayur, budi daya pertanian, dan jenis usaha yang bergantung pada air bersih menjadi kunci utama lancarnya usaha tersebut.

    Rupanya, perilaku alam yang kadang tidak bersahabat ini tidak lepas dari pengamatan pemilik mobil barang agar tetap lancar usahanya saat kemarau.

    Lahan Empuk

    Seiring kemajuan yang terjadi, kini banyak "tukang ngangsu" (pengambil air) di tempat ini. Bisnis air bersih pun menjadi marak oleh sopir buruh maupun boss angkutan ikut menikmati guna mencari rupiah pada jenis baru ini.

    Berbagai perangkat di siapkan untuk bongkar muat air, dari yang sederhana hingga menyulap bak truk menjadi tangki air.

    Terpantau, ada 2 tempat favorit sebagai stasiun pengisian air  di Moga lokasinya berdampingan dengan obyek wisata pemandian dan penginapan. Situasinya selalu ramai karena berada ditengah keramaian kota.

    Satu satunya desa di kecamatan pulosari yang mempunyai beberapa sumber mata air berlimpah juga sudah mempunyai  tempat pengisian air bersih untuk umum.  Ke 2 tempat tersebut sudah menerapkan aturan yang harus di patuhi oleh pelanggan.

    Pelayanan terhadap konsumen juga mendapat perhatian dari para sopir, hingga Pembeli, berlokasi di tempat terpencil pun bisa dilayani dengan jerigen ukuran 25-35 liter.

    Konsumen domisili pinggir jalan bisa pesan dengan Torn atau tangki, tergantung kocek dan daya tampung yang ada. Soal harga variatif, tergantung volume muatan, jarak tempuh dan medan yang akan dilalui.

    "Saya sendiri kasih harga lebih murah, yang penting Berkah. Kebetulan mobil punya sendiri," jelas anak muda dari Desa Batursari kepada wartawan media ini di sela kesibukan lembur untuk pengiriman yang ke 11 kalinya dalam sehari. Woow...

    ■ Himawan 

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru

    loading...