-->
  • Jelajahi

    Copyright © ABNEWS.id | Berita Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Halaman Depan

    Menu Bawah

    Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Jalankan Program Kerja KKN di Kampung Tangguh COVID-19 Ngawi

    AB NEWS
    Minggu, 06 September 2020, 22:07 WIB Last Updated 2020-09-06T15:13:19Z
     7 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Jalankan Program Kerja KKN di Kampung Tangguh COVID-19  Ngawi

    AB NEWS ■ Pandemik COVID-19 membawa dampak yang cukup besar pada seluruh aspek kehidupan dan memunculkan persoalan baru.

    Beberapa persoalan yang sangat terasa adalah penutupan tempat pendidikan formal, kegiatan keagamaan yang terhambat, menurunnya perekonomian masyarakat, bahkan kekhawatiran terganggunya kesehatan mental di masa pandemik.

    Dampak tersebut tentu terasa pada semua lapisan masyarakat, tak terkecuali masyarakat Desa Dawu, Paron, Ngawi.

    Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi, Mahasiwa KKN kelompok 142 yang beranggotakan 7 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga telah menjalankan kegiatan pengabdian masyarakat selama satu bulan, yakni terhitung mulai tanggal 20 Juli-20 Agustus 2020.

    Penutupan kegiatan Kuliah Kerja Nyata dilakukan pada hari Senin, 24 Agustus 2020 lalu. Dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat, Mahasiswa KKN Kelompok 142 di bawah arahan Dosen Pembimbing Lapangan, Siti Zubaedah, S.Ag. M.Pd., menjalankan beberapa program kerja unggulan dan pendukung.

    Kegiatan yang dilaksanakan menyasar pada empat bidang, yakni bidang pendidikan, ekonomi, keagamaan, dan kesehatan.


    Pada program unggulan bidang pendidikan, Mahasiswa KKN berinisiatif membuat video pembelajaran untuk mendukung belajar daring yang di upload di channel youtube “KKN Desa Dawu”. Pada bidang ekonomi, dilakukan kunjungan di dua UMKM yakni Konveksi Sony dan Criping Pisang Dua Kelapa dalam rangka mendukung pemasaran produk dan pemberian banner usaha.

    Pada bidang keagamaan, dilakukan kegiatan edukasi protokol kesehatan kepada santri TPA dengan pemberian materi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), simulasi cuci tangan pakai sabun, pembagian masker dan faceshield serta pemberian alat kebersihan masjid.

    Kegiatan edukasi protokol kesehatan dilakukan di tiga TPA yakni TPA Asy-Syukur, TPA Tarbiyatus Syukur dan TPA Jabal Noor. Pengabdian masyarakat yang dilakukan Mahasiswa KKN Kelompok 142 ini juga mendukung kegiatan Kampung Tangguh COVID-19 Desa Dawu dengan memberikan donasi masker, penempelan poster psikoedukasi COVID-19 dan bantuan sembako berupa beras untu k masyarakat Desa Dawu.

    Program kerja yang dilaksanakan mendapat dukungan serta arahan dari masyarakat setempat sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dan sesuai protokol kesehatan COVID-19. Dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga kelompok 142 ini, diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat Desa Dawu dalam mendukung kampung tangguh  COVID-19. Sehingga masyarakat tetap menjalankan aktivitas di masa pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol keehatan untuk menekan penyebaran COVID-19.

    Kiriman ■ Ninda Alza





    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru

    loading...