-->
  • Jelajahi

    Copyright © ABNEWS.id | Berita Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Halaman Depan

    Menu Bawah

    Nelayan Palabuhanratu Sukabumi Dibekali Aplikasi Pencarian Ikan

    AB NEWS
    Jumat, 04 September 2020, 01:32 WIB Last Updated 2020-09-08T15:35:23Z
     Nelayan Palabuhanratu Sukabumi Dibekali Aplikasi Pencarian Ikan

    AB NEWS ■  Ratusan nelayan di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mendapatkan bimbingan pemberdayaan nelayan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

    Sekitar 180 nelayan mengikuti kegiatan program pemberdayaan nelayan yang dilaksanakan di Balai Pertemuan, Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP), pada Kamis (3/9/2020).

    Kasubdit Usaha Nelayan Direktorak Perizinan dan Kenelayaan, Direktoran Jenderal Perikanan Tangkap, Novia Tri Rahmawati mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan istri nelayan.

    Jadi ini program pemberdayaan nelayan melalui kegiatan pengembangan dan diversifikasi kesejahteraan nelayan. Tujuan dari kegiatan ini salah satunya meningkatkan kompetensi, meningkatkan motivasi terus inovasi, serta manajemen masyarakat nelayan, supaya nelayan tidak terfokus mencari ikan saja.

    "Kita juga menggandeng satu provider jaringan untuk mengoptimalkan aplikasi pencarian ikan bernama Laut Nusantara. Jadi nelayan bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mengetahui posisi ikan," katanya.

    Selain itu, pihaknya juga menggandeng sejumlah lembaga keuangan untuk menambah modal nelayan dalam meningkatkan usahanya.

    "Kemudian kita juga menggandeng lembaga keuangan, disini kami mengajak BLU-LPMUKP, ini merupakan punya kementerian kelautan, kemudian juga ada PT Pegadaian serta PNM, untuk BLU-LPMUKPdan Pegadaian kita fokus kepada nelayan, jadi untuk menambah modal, operasional, serta memudahkan usahanya, karena BLU-LPMUKP ini bunganya sangat ringan, hanya 3 persen saja," terangnya.

    "Kami juga menggandeng PT PNM, nanti untuk memfasilitasi istri nelayan untuk meningkatkan penghasilannya," jelasnya.

    Selain memberikan pelatihan kepada nelayan, pihaknya juga memberikan pelatihan kepada istri nelayan.

    Salah satunya memberikan pelatihan dalam meningkatkan usaha, seperti membuat berbagai olahan ikan hasil tangkapan.

    "Disini kami juga melibatkan istri nelayan untuk membantu suami meningkatkan kesejahteraan keluarga. Kita lebih kepada nelayan skala kecil, kepada nelayan yang kami kembangkan, kami tingkatkan kompetesi. Disini kita berikan pelatihan bimtek untuk pengolahan ikan, seperti ikan yang harganya turun, nanti diolah menjadi nilai jual tinggi. Disini kita membuat bakso, terasi, kerupuk, pindang sama kecap," ujarnya.

    Reporter  : G.Nur/kilasInfo
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru

    loading...