-->
  • Jelajahi

    Copyright © ABNEWS.id | Berita Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Halaman Depan

    Menu Bawah

    Denmark Jajaki Kerjasama dan Investasi di Jawa Timur

    ABNews.Id
    Jumat, 04 Desember 2020, 17:53 WIB Last Updated 2020-12-04T10:53:39Z
     
    Denmark Jajaki Kerjasama dan Investasi di Jawa Timur

    AB NEWS ■ Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menerima kunjungan Duta Besar Denmark HE Lars Bo Larsen di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (3/12).

    Kedatangan Duta Besar Denmark HE Lars Bo Larsen ke Jawa Timur ingin menjajaki peluang kerjasama di bidang maritim dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Apalagi, pemerintah Denmark menilai Surabaya sebagai basis maritim di Indonesia.


    “Jawa Timur punya modal penting karena di sini ada PT PAL Indonesia yang mampu memproduksi peralatan kapal dan perlengkapan militer maritim,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

    “Jika Jatim dan Denmark bisa mempererat hubungan dan kerja sama ini, saya yakin akan meningkatkan potensi ekonomi yang bersumber dari sektor maritim kita,” imbuhnya.

    Selain di bidang maritim, pertemuan tersebut juga membahas peluang kerja sama energi baru. Termasuk rantai pasokan dingin yang dapat digunakan di sektor pertanian, perikanan dan vaksin medis.

    “Karena itu, bagaimana energi baru ini bisa membuat rantai pasok lebih efisien,” ujarnya.

    Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan bahwa kinerja perdagangan Jawa Timur-Denmark selama periode 2016-2020 menunjukkan surplus untuk Jawa Timur. Dari Januari-Juni 2020, nilai ekspor Jawa Timur ke Denmark tercatat US $ 41,87 juta atau sekitar Rp. 591 miliar. Sedangkan impor sebesar US $ 11,07 juta atau sekitar Rp. 156 miliar.

    “Jadi bisa dikatakan surplus US $ 30,8 juta atau sekitar Rp 435 miliar.

    Adapun komoditas ekspor dari Jawa Timur ke Denmark berupa kayu, barang dari kayu, alas kaki, kendaraan dan suku cadang, furnitur dan penerangan rumah, serta bahan kimia organik.

    Sedangkan komoditas utama yang diimpor Jawa Timur dari Denmark adalah bubut kayu / pulp, perekat, enzym, mesin atau alat mekanik, dan aluminium. Denmark menempati urutan ke-29 sebagai negara tujuan ekspor dari Jawa Timur.

    Dalam pertemuan tersebut juga dibahas peluang kerjasama di bidang medis dan kerjasama penelitian. Bahkan, Emil juga menjamin kemudahan investasi ke Denmark untuk berinvestasi di Jawa Timur.

    “Semoga kedatangan Dubes Denmark ini menjadi pertanda bahwa hubungan yang telah terjalin selama ini bisa diperkuat dan diperkuat melalui peluang kerjasama kedua negara,” jelasnya.

    Dalam kunjungannya ke Jawa Timur, HE Lars Bo Larsen mengatakan bahwa kunjungannya ke Jawa Timur ingin mempererat hubungan kedua negara. Jawa Timur merupakan provinsi dengan perekonomian terbesar kedua setelah Jakarta. Oleh karena itu, peluang kerjasama dapat diperluas.

    Pihaknya menyambut baik tawaran Wakil Gubernur Jawa Timur yang akan memudahkan jika ada pengusaha yang ingin berinvestasi di Jatim.

    “Kami akan mengumpulkan dan mencatat peluang apa yang bisa dijalin kedua negara, baik Denmark maupun Indonesia, khususnya Jawa Timur,” ujarnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru

    loading...